Social Icons

Pages

Tuesday, January 29, 2013

Lomba Menulis Surat Remaja Nasional 2013 Top Prize 12jt



(DL: 28 Februari 2013)

Dalam rangka keikutsertaan Indonesia dalam International Letter-Writing Competition for Young People 2013 dengan tema “Write som a letter explaining Why Water is a precious resources” yang diselenggarakan oleh Universitas Postal Union (Perhimpunan Pos Sedunia), Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika, Kementrian Komunikasi dan Informatika, akan menyelenggarakan Lomba Menulis Surat Remaja Nasional 2013 pada 28 Januari 2013 s.d 28 Februari 2013.

Tema kegiatan Lomba Menulis Surat Remaja Nasional 2013 disesuaikan dengan tema Internasional Letter-Writing Competition for Young People 2013:

“Tulislah sebuah surat yang menjelaskan mengapa air merupakan sumber daya berharga”

Tema lomba tahun 2013 berkaitan dengan Dekade Aksi Internasional “Air untuk Kehidupan” tahun 2005-2015.

Air disediakan untuk berbagai tujuan yang berbeda, dan sangat penting untuk menjaga sumber daya yang berharga tersebut. Akses untuk mendapatkan air sangatlah penting bagi kesehatan dan kesejahteraan manusia serta perlindungan alam semesta.

Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) baru-baru ini mengumumkan bahwa dunia telah berhasil mencapai tujuan pembangunan milenium dalam hal meningkatkan jumlah populasi untuk mendapatkan air yang layak diminum sampai 50%. Pada saat ini 89% dari populasi penduduk dunia atau 6,1 miliar orang, memiliki akses mendapatkan air yang berkualitas, tetapi 11% masih belum memiliki akses tersebut.

Bagai sumber inspirasi penulisan atau referensi, dapat membuka website berikut: United Nations Warer (http://www.unwater.org), UNICEF Water, Sanitation Ana Hygiene (http://www.unicef.org), World Water Day (http://www.unwater.org/worldwaterday).

Ketentuan Lomba

Persyaratan Peserta

Remaja berusia maksimal lima belas tahun terhitung sampai 30 April 2013

Warga negara Indonesia.

Peserta tidak diperkenankan bagi para Pemenang I, II, dan III pada Lomba Menulis Surat Remaja Nasional Tahun 2013.

Persyaratan Surat

Isi surat sesuai dengan tema yang telah ditetapkan.

Surat ditujukan kepada seseorang atau lembaga tertentu yang menangani atau mempunyai kepedulian terhadap masalah air.

Surat yang ditulis terdiri atas antara 500 s.d. 800 kata.

Surat ditulis dalam bahasa Indonesia atau Inggris sesuai dengan kaidah bahasa yang berlaku.

Asli, bukan terjemahan/saduran, dan belum pernah dilombakan/dipublikasikan.

Penulisan surat dapat menggunakan mesin tik, komputer, atau dengantulisan tangan.

Bentuk dan teknik penyajian surat dilakukan sesuai dengan tata penulisan surat pada umumnya, misalnya pencantuman tempat dan tanggal pengiriman, alamat surat yang dituju, salam pembuka/penutup, dan tanda tangan pengiriman surat.

Pengiriman Surat

Pengiriman surat (naskah karangan) sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, yakni batas akhir pengiriman tanggal 28 Februari 2013 cap pos.

Peserta wajib menyertakan fotokopi identitas diri (misalnya kartu pelajar, surat keterangan dari yang berwenang) yang sah dan mencantumkan data diri lainnya sebagaimana disebutkan dalam formulir terlampir, yang juga dapat diunduh (download) melalui aman (website) Kementrian Komunikasi dan Informatika (www.kominfo.go.id), Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (www.kemdiknas.go.id) dan PT Pos Indonesia (www.posindonesia.co.id)

Surat (naskah karangan) dikirimkan kepada:

Panitia Lomba Menulis Surat Remaja Nasional Tahun 2013

d.a. Direktorat Pos
       Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika
       Kementrian Komunikasi dan Informatika
       Gedung Sapta Pesona, Lantai 6
       Jalan Medan Merdeka Barat No. 17, Jakarta 10110
        Atau PO BOX 888 Jakarta Pusat

Mekanisme Penulisan

Surat yang masuk akan dinilai oleh Dewan Juri yang ditetapkan oleh Direktur Jendral Penyelenggaraan Pos dan Informatika.

Penilaian dilakukan berdasarkan kriteria: aspek bentuk dan kerapian, penerapan kaidah bahasa, kesesuaian isi dengan tema serta gaya penyajian.

Penilaian tahap pertama akan dilakukan pada 13-14 Maret 2013 dan pengumuman nominasi pemenang pada 18 Maret 2013. Peserta yang masuk nominasi akan mengikuti pengujian tahap berikutnya pada 25-26 Maret 2013.

Dewan Juri akan melakukan validasi keabsahan karya nominasi pemenang lomba melalui tanya jawab ada wawancara.

Peserta nominasi akan mendapat pembekalan (tutorial, pencerahan) dari narasumber mengenai teknik, bahasa, dan penulisan surat.

Setelah mendapatkan pembekalan, peserta nominasi diminta kembali membuat/menulis surat (pengujian langsung) untuk menetapkan tiga surat/peserta terbaik, yaitu pemenang I, II, dan III.

Pengumuman nama Pemenang I, II , dan III akan dilakukan pada 1 April 2013 dan dapat dilihat melalui website Kementrian Komunikasi dan Informatika, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, atau PT. Pos Indonesia.

Keputusan Dewan Juri tidak dapat diganggu gugat.

Penghargaan

Para pemenang lomba akan diberi penghargaan berupa trofi, sertifikat, dan kompensasi hak cipta penulisan dalam bentuk uang tunai dengan perincian sebagai berikut:

    Pemenang I :  sebesar Rp 12.000.000,00
    Pemenang II : sebesar Rp 10.000.000,00
    Pemenang III : sebesar Rp 9.000.000,00

Kompensasi tersebut akan dikenai pajak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Tindak Lanjut

Surat terbaik (pemenang) pertama akan dikirimkan ke International Bureau Universal Postal Union (UPU) untuk diikutsertakan dalam Internasional Letter-Writing Competition for Young People 2013. Penghargaan yang disediakan oleh UPU berupa medali emas bagi Pemenang I, medali perak bagi Pemenang II, dan medali perunggu bagi Pemenang III serta sertifikat dan hadiah lainnya. Penyerahan penghargaan dan hadiah tersebut direncanakan akan dilakukan pada Hari Pos Sedunia, 9 Oktober 2013.

Penyelenggara

Panitia penyelenggara Lomba Menulis Surat Remaja Nasional 2013 adalah Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika. Panitia ini mempunyai hak tidak terbatas dan berkesinambungan terhadap karya cipta surat-surat yang dilombakan untuk mengedit, mendistribusikan, mempublikasikan, mereproduksi, dan/atau menerjemahkannya ke dalam bahasa lain.

Alamat Panitia Lomba

Direktorat Pos
Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika
Kementrian Komunikasi dan Informatika
Jalan Medan Merdeka Barat No. 17, Jakarta 10110
Telp. 0213835927, Faks. 0213862870
Email: prangko@postel.go.id

Download Informasi Lomba : http://web.kominfo.go.id/sites/default/files/Poster%20Lomba%20Menulis%20Surat%202013%20FINAL_.jpg
Download Formulir Lomba : web.kominfo.go.id/sites/default/files/FORM%20DATA%20DIRI%20PESERTA%202013.doc

Sumber: kominfo.go.id

No comments:

Post a Comment

Radio & tv online

SKIP 94.3 FM