Social Icons

Pages

Wednesday, December 5, 2012

Lomba Penulisan Cerpen: "Percikan "Api




Wahai para Kamerad,
BOM Cerpen adalah sebuah gerakan sastra, sebuah komunitas terbuka, sebuah semangat yang ingin meledakkan sastra Indonesia, terutama bentuk cerita pendek. Melihat dari animo yang ada di masyarakat, BOM Cerpen terus berjuang untuk meledakkan sastra Indonesia melalui bentuk cerpen. Untuk semakin meningkatkan antusiasme dan membantu menyalurkan kreativitas serta ekspresi sastra para Kamerad, juga dengan meningkatnya kuantitas cerpen-cerpen yang masuk ke BOM Cerpen sekaligus kualitas cerpen yang patut diapresiasi, kami memutuskan untuk menyelenggarakan sebuah program: lomba penulisan cerpen.
Lomba penulisan cerpen ini sepenuhnya digagas dan diselenggarakan oleh para dewan BOM Cerpen. Namun, perlu diingat, kesuksesan dalam menjalankan program ini tidak hanya bergantung pada para dewan, melainkan Anda, para Kamerad BOM Cerpen.
Di lomba perdana yang kami selenggarakan ini, yang kami beri nama PERCIKAN (Perlombaan Cerpen Indonesia Karya Anak Bangsa), kami mengusung tema “API.” Tema ini akan menjadi panduan bagi para Kamerad untuk mengirimkan cerpen-cerpen Anda dengan satu tema yang sama. Penjelasan mengenai tema akan kami jabarkan di bawah.
Dengan semangat yang tak pernah padam, kami berharap program ini akan menjadi program yang rutin di masa mendatang. Maka, kami harap keikutsertaan para Kamerad untuk menyukseskan program ini bersama-sama.
Tanpa panjang lebar lagi, kami mengundang para Kamerad untuk ikut berpartisipasi dalam lomba ini.

PERATURAN DAN MEKANISME PERCIKAN API

Selamat datang, para Kamerad, di halaman peraturan dan mekanisme PERCIKAN API. Terima kasih apabila Anda memutuskan untuk berpartisipasi mengirimkan cerpen. Untuk itu, selamat membaca peraturan dan mekanisme PERCIKAN API.
***

PERATURAN PERCIKAN API

Berikut ini adalah Peraturan Cerpen dan Hak Penulis yang dikirimkan untuk berpartisipasi dalam lomba.
PERATURAN CERPEN
  1. Penerimaan cerpen untuk PERCIKAN dibuka pada hari Rabu, 19 Desember 2012, pk 0.00, dan ditutup pada hari Jumat, 1 Februari 2013, pk 0.00. Cerpen yang dikirimkan sebelum jangka waktu penerimaan dibuka dan setelah jangka waktu penerimaan ditutup tidak diterima.
  2. Cerpen harus berbahasa Indonesia. Kami tidak menerima cerpen dalam bahasa lain selain bahasa Indonesia.
  3. Bukan karya plagiarismechicklitteenlit, atau cerita motivasi jual mimpi.
  4. Dewan BOM Cerpen, juri grand final, keluarga dewan, dan keluarga juri grand final tidak diperbolehkan untuk mengikuti lomba ini.
  5. Cerpen harus sesuai dengan tema “API.” Penjelasan mengenai tema ini bisa Anda lihat di halaman PERCIKAN API (home).
  6. Isi cerpen minimal 1000 kata, maksimal 2000 kata, termasuk judul, namun tidak termasuk signature (nama, tempat-waktu pembuatan, dan frase “BOM CERPEN”). Cerpen yang isinya kurang dari 1000 kata dan lebih dari 2000 kata dengan berat hati tidak diterima.
  7. Masing-masing cerpenis boleh mengirimkan cerpen paling banyak 3 buah. Dari dua atau tiga cerpen tersebut, apabila ada yang lolos seleksi, kami akan memilih salah satu dari cerpen-cerpen tersebut. Untuk yang ingin mengirim lebih dari satu cerpen, kami sarankan untuk mengirim cerpen-cerpen tersebut dalam 1 e-mail (dengan kedua/ketiga cerpen di-attach).
  8. Cerpen dikirimkan ke e-mail BOM Cerpen: bomcerpen@gmail.com dalam bentuk WORD (.doc atau .docx) di attachment, dengan format subject: PERCIKAN API “(Judul Cerpen) KARYA (Nama Cerpenis). Lihat contoh di bawah.
Catatan penting: Apabila pengirim menggunakan subjectlain (misalnya dengan format subject kontributor, yaitu CERPEN “(Judul Cerpen)” KARYA “(Nama)) maka cerpen yang dikirimkan tersebut akan kami anggap sebagai cerpen untuk kontributor, bukan cerpen untuk program PERCIKAN.
  1. Mencantumkan signature berupa Namawaktu pembuatan (tanggal, dan jam, bila perlu), tempat pembuatan, nama grup BOM CERPEN, masing-masing dipisahkan dengan spasi [enter]. Contoh: Iwan Simatupang [enter] 1 Mei 1966 [koma] 20.00 WIB [enter] Cikini [enter] BOM CERPEN. Maka:
Iwan Simatupang
1 Mei 1966, pk 20.00
Cikini
BOM CERPEN
(Jelasnya, lihat di cerpen-cerpen yang sudah diterbitkan di website BOM Cerpen.)
  1. Mencantumkan biodata cerpenis dalam isi pesan e-mail, antara lain: nama, alamat fisik, tempat/tanggal lahir, kewarganegaraan, alamat e-mail, akun Facebook (apabila ada), akun Twitter (apabila ada), website (apabila punya) dan nomor telepon (untuk kemudahan dalam menghubungi apabila ada program-program yang ingin mengikutsertakan cerpenis).
  2. Mengirimkan foto diri yang jelas di attachment. Wajah tidak boleh tertutup.
  3. Menuliskan biografi/deskripsi diri secara singkat, maksimal 7 kalimat, dalam isi pesan e-mail. Bila lebih dari 7 kalimat akan diedit oleh Dewan BOM Cerpen tanpa mengurangi informasi penting. Contoh biografi bisa dilihat di halaman Dewan BOM Cerpen.
CONTOH:


HAK PENULIS
Sebagai penulis, rekan-rekan Kamerad akan memperoleh hak-hak sebagai berikut.
  1. Penulis memegang penuh hak cipta terhadap karyanya, dan BOM Cerpen akan meminta izin terlebih dahulu setiap ingin menggunakan karya tersebut, yang terkait dengan kegiatan BOM Cerpen.
  2. Penulis berhak mendapat pengakuan atas karya yang dikirimkan.
  3. Cerpen yang lolos seleksi tahap I, tahap II, dan hasil grand final akan dihubungi melalui e-mail dan diumumkan di social media BOM Cerpen, yaitu Facebook, Twitter, dan website. Selain itu, pemenang pertama, ke dua, dan ke tiga akan dihubungi oleh dewan BOM Cerpen melalui telepon.
  4. Penulis yang lolos seleksi tahap pertama akan dicantumkan dalam Facebook, Twitter, dan website BOM Cerpen sebagai kontributor. Sedangkan, cerpen yang tidak lolos seleksi bisa dimasukkan ke website BOM Cerpen dan penulis dianggap sebagai kontributor BOM Cerpen, namun dengan pemberitahuan dan izin penulis terlebih dahulu.
  5. Penulis berhak mendapatkan informasi tentang penggunaan cerpen tersebut (pemuatan cerpen di website BOM Cerpen, penggunaan cerpen di program BOM Cerpen lain, dan sebagainya).
  6. Pemenang, juara dua, dan juara tiga berhak mendapatkan masing-masing sebuah sertifikat dan hadiah berupa uang seperti yang telah dijabarkan di halaman PERCIKAN API (home).
SYARAT DAN KETENTUAN
Setelah penulis mengirimkan cerpen dengan format yang benar, dewan akan membalas e-mail Anda dengan mencantumkan Syarat dan Ketentuan. Harap Anda membalas kembali melalui e-mail yang sama apabila Anda menyetujui Syarat dan Ketentuan tersebut dengan format:
Saya (NAMA), penulis cerpen “(CERPEN),” secara sadar MEMATUHI dan MENYETUJUI Syarat dan Ketentuan yang dibuat oleh Dewan BOM Cerpen untuk mengikuti program PERCIKAN API.
Balasan persetujuan akan ditunggu hingga Jumat, 1 Februari 2013, pk 0.00. Balasan persetujuan yang dikirim kepada kami lebih dari tanggal tersebut akan kami anggap penolakan persetujuan terhadap Syarat dan Ketentuan tersebut. Selain itu, apabila Anda tidak menyetujuinya, abaikan e-mail tersebut (tidak perlu dibalas).
***

MEKANISME PERCIKAN API

Berikut ini adalah mekanisme seleksi Tahap I, seleksi Tahap II, dan Tahap Grand Final. Harap dibaca dengan teliti dan seksama sebelum mengirim cerpen.
TAHAP I
  1. Setelah penerimaan cerpen ditutup tanggal 1 Februari 2013, kelima dewan akan menyeleksi cerpen-cerpen yang telah memenuhi peraturan di atas dan penulisnya telah menyetujui Syarat dan Ketentuan PERCIKAN API.
  2. Proses ini akan menyeleksi 30 cerpen terbaik dan meloloskannya dari seleksi Tahap I.
  3. Ketiga puluh penulis cerpen-cerpen tersebut akan dihubungi melalui e-mail dan diumumkan di semua social media BOM Cerpen pada hari Senin, 25 Februari 2013. Di pengumuman ini pula alamat page masing-masing cerpen disertakan, namun page tersebut belum bisa diakses karena ditutup untuk persiapan seleksi Tahap II.
  4. Ketiga puluh cerpen tersebut akan di-upload di website BOM Cerpen dan dibuka aksesnya pada hari Jumat, 1 Maret 2013 pk 15.00 WIB tepat, sekaligus memulai seleksi Tahap II.
TAHAP II
  1. Tanggal 25 Februari 2013, akses website BOM Cerpen akan ditutup. FB dan Twitter BOM Cerpen tetap terbuka, kontak melalui e-mail tetap bisa.
  2. Hari Jumat, 1 Maret 2013 pk 15.00 WIB tepat, akses website akan dibuka. Alamat page masing-masing cerpen yang telah diumumkan di FB dan Twitter pun mulai dapat diakses.
  3. Setelah dapat diakses, para penulis 30 cerpen yang lolos seleksi Tahap I diharapkan mempromosikan tulisannya dengan melakukan share di Facebook (FB) dan Twitter di bawah cerpen masing-masing dengan cara mengeklik tombol share FB dan Twitter. Lihat contoh di bawah.
  4. Tanggal 30 Maret 2013 pk 18.00 tepat, akses website akan kembali ditutup.
  5. Cerpen yang lolos dari seleksi Tahap II adalah 8 cerpen dengan total angka share FB dan share Twitter terbanyak, terhitung dari saat akses website dibuka sampai akses website ditutup. Artinya, formulanya adalah: (jumlah share FB) + (jumlah share twitter). Lihat contoh di bawah. Catatan: Jumlah Rate dan Like tidak dihitung.
  6. Di luar 8 cerpen dengan total nilai di atas, dewan akan meloloskan 2 cerpen dari 22 cerpen lainnya sebagai wild card. Keputusan ini sepenuhnya diambil oleh para dewan dengan mempertimbangkan kualitas cerpen-cerpen tersebut.
  7. Total cerpen yang lolos dari seleksi Tahap II ini adalah 10 cerpen yang kemudian akan masuk ke Tahap Grand Final.
  8. Dewan akan melakukan screen capture sebagai bukti hasil seleksi, lalu diumumkan di FB, Twitter, dan website yang akan kembali dapat diakses pada saat pengumuman hasil seleksi Tahap II, yaitu tanggal 8 April 2013.
Contoh:


Dari data di atas, maka poin cerpen tersebut berjumlah 11 (3 FB + 8 Twitter).

TAHAP GRAND FINAL
  1. Kesepuluh grand finalis akan diseleksi oleh ketiga juri grand final.
  2. Penilaian juri disertai dengan komentar dan masukan dari mereka atas kesepuluh cerpen grand finalis.
  3. Hasil grand final melahirkan pemenang, juara dua, serta juara tiga, dan akan diumumkan di website, social media, dan e-mail pada hari Rabu, 8 Mei 2013 pk 19.00.
Hadiah akan ditransfer melalui rekening bank pada tanggal 10 Mei 2013.
Untuk mempermudah Anda, berikut adalah rangkuman jadwal-jadwal PERCIKAN API secara singkat.
  • 19 Desember 2012 pk 0.00 WIB s.d. 1 Februari 2013 pk 0.00 WIB: Penerimaan cerpen dan persetujuan Syarat dan Ketentuan.
  • 1 Februari 2013 s.d. 24 Februari 2013: Seleksi Tahap I oleh Dewan BOM Cerpen.
  • 25 Februari 2013 (akses website BOM Cerpen ditutup) s.d. 28 Februari 2013: Pengumuman hasil seleksi Tahap I lewat social media dan e-mail.
  • 1 Maret 2013 pk 9.00 WIB (akses website BOM Cerpen dibuka) s.d. 30 Maret 2013 pk 18.00 WIB (akses website BOM Cerpen ditutup): Seleksi Tahap II dengan share FB dan share Twitter.
  • 8 April 2013 pk 12.00 (akses website BOM Cerpen dibuka): Pengumuman hasil seleksi Tahap II dan wild cards di website, social media, dan e-mail.
  • 8 April 2013 s.d. 7 Mei 2013: Seleksi Tahap Grand Final oleh para juri.
  • 8 Mei 2013 pk 19.00 WIB: Pengumuman pemenang, juara dua, dan juara tiga penjurian Tahap Grand Final lewat website, social media, dan e-mail.
  • 9-10 Mei 2013: Pemberian hadiah melalui transfer rekening bank.
Kontak kami di:
E-mail:          bomcerpen@gmail.com
Twitter:        @BOM_Cerpen

Demikian peraturan dan mekanisme PERCIKAN API. Silahkan buka INFORMASIuntuk membaca halaman ini lagi. Apabila ada pertanyaan, silakan ditulis di kotak komentar di bawah.
Selamat berkarya dan meledakkan cerpen Anda!

Salam sastra,
Dewan BOM Cerpen



No comments:

Post a Comment

Radio & tv online

SKIP 94.3 FM