Social Icons

Pages

Wednesday, April 3, 2013

Event Menulis Antologi Flash Fiction (Cerpen) Pesantren Tinta Manajemen Periode II Tahun 2013 “Kefitrahan Cinta”

 
Ingatkah Anda dengan kisah cinta mengharukan ala Romeo dan Juliet? Atau kisah cinta tragis yang disuguhkan Qaisy dan Layla Majnun juga Sang Pek dan Eng Tai? Mungkin Anda sempat berfikir betapa dahsyat makna cinta itu. Hingga banyak penyair zaman pertengahan seperti Al Firdawsy, Ibnu Hazm Al Andalusy, dan Al Shirazy memaknai cinta dengan bermacam rupa. Itulah cinta. Menyimpan jutaan penafsiran.
Cinta akan terasa berwarna jika tangan Leonardo da Vinci yang mengolahnya, cinta akan sedikit mistis jika Kahlil Gibran yang ungkapkannya, bagaimana dengan Anda?
Mungkin setiap insan mempunyai argumen yang beragam tentang makna cinta yang fitrah ini. Maka, ungkapkanlah sesuka Anda tentang apa itu cinta.
          
Masih berkenaan dengan pemaknaan cinta, Pesantren Tinta Manajemen menyelenggarakan event antologi flash fiction (cerpen) keduanya. Adapun syarat dan ketentuan lomba tidak jauh berbeda dengan event pertama yaitu sebagai berikut;
          
Syarat dan Ketentuan Cerpen
          
Syarat Cerpen:
1)    Cerpen wajib mengangkat tema “Kefitrahan Cinta” yang menggunakan tokoh maksimal 7 orang dengan pelataran (setting) di Pesantren.
2)     Cerpen tidak menyinggung SARA dan unsur pornografi.
3)     Cerpen harus pure karangan penulis, orisinil, bukan plagiat/copy paste dari media internet, surat kabar, koran, majalah, dan semacamnya.
4)     Cerpen tidak sedang diikutkan dalam lomba lain atau dipublikasikan dalam media apa pun.

Ketentuan Cerpen:
1)    Cerpen diketik rapi dengan memperhatikan pedoman penulisan narasi, tanda baca berdasarkan EYD dengan menggunakan Microsoft Word 2003/2007 font 12, Times New Roman, perataan justify, kertas A4, spasi 1,5 dan margins setiap sisinya 3cm.
2)     Cerpen tidak kurang dari 6.000 karakter (8 halaman) dan tidak lebih dari 10.000 karakter (15 halaman)
3)    Cerpen harus sesuai dengan aturan tata bahasa Indonesia (sepojok/satu konflik saja dan tidak ada perubahan nasib tokohnya)

Syarat dan Ketentuan Peserta

Syarat Peserta:
1)     Peserta adalah Warga Negara Indonesia dengan usia minimal 15 tahun.
2)     Peserta wajib meng-add akun fb Pesantren Tinta Manajemen dan memposting info ini di akun fb masing-masing serta men-tag in 25 teman (termasuk Pesantren Tinta Manajemen) yang secara otomatis sebagai syarat terdaftarnya peserta.

Ketentuan Peserta:
1)     Peserta wajib menyertakan profil diri dalam bentuk narasi di bawah cerpen (bukan file lain) dengan panjang tidak lebih dari 200 karakter (tidak lebih dari 1 halaman). Sertakan pula alamat dan cap post lengkap.
2)    Peserta bisa mengirimkan lebih dari satu karya (maksimal 3 karya). Dan naskah bisa dikirim melalui via e-mail di ptm809@yahoo.com dengan judul Event_AFF2_nama peserta_judul cerpen dan dalam bentuk attachment/lampiran file (bukan badan e-mail) atau kirim ke akun fb Pesantren Tinta Manajemen di inbox message (jangan di dinding kronologi).

·         Dewan Juri
-         Muhammad Akrom (Alumnus UNNES Semarang, Fisikawan, Sastrawan, penulis novel Mekanika Langit),
-          Muhammad Zaenal A. Aunillah El-Dawsy (Mahasiswa FPISH Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP Budi Utomo Malang, penulis novel Di Balik Satir Cinta).
Keputusan juri mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

Deadline (batas akhir) pengiriman naskah event antologi flash fiction periode 2 ini adalah tanggal 10 Mei 2013 jam 16.00 WIB.
25 Cerpen yang terpilih akan diterbitkan secara mayor dalam antologi PTM oleh penerbit yang telah menjalin kerjasama dengan manajemen kami.
Cerpen terbaik memperoleh paket buku special dan buku tips menulis oleh Pesantren Tinta Manajemen.

Pihak Pesantren Tinta Manajemen akan menghubungi Anda langsung melalui e-mail, sehingga jika ada oknum yang mengatasnamakan kami lewat SMS, jelas itu penipuan. Dan segeralah laporkan pada kami.

Event ini tidak dipungut biaya alias GRATIS!!!
Info lebih lanjut, silakan buka http://pesantrentintamanajemen.blogspot.com

Selamat Berkarya! Tunjukkan jika Anda juga bisa!

No comments:

Post a Comment

Radio & tv online

SKIP 94.3 FM