Social Icons

Pages

Saturday, April 20, 2013

Lomba Menulis Cerpen Perempuan Dalam Cerita

Tanggal 21 April bagiku memiliki makna lebih.  Selain Hari Kartini, tanggal 21 April juga ulang tahun ibuku, hari perayaan sekaligus mengingatkan betapa aku beruntung dibesarkan dan didukung oleh seorang ibu yang bagiku perempuan terkuat dan tidak ada tandingannya.


 Tahun ini, aku ingin merayakan Hari Kartini bukan hanya dengan mengenakan pakaian daerah seperti yang umum dilaksanakan oleh sekolah maupun institusi, tapi dengan Lomba Menulis Cerita Pendek, yang aku beri tajuk ‘Perempuan Dalam Cerita’.  Cerita pendek fiksi ini dapat ber-genre apa saja, asalkan mengambil tokoh dan kehidupan perempuan sebagai anchor ceritanya.  Dapat tentang profesinya, kehidupannya, perjuangannya, maupun pergolakan batinnya.

Syarat Peserta
Lomba ini dapat diikuti oleh seluruh Warga Negara Indonesia, tanpa batasan usia, tanpa batasan jenis kelamin.  Setiap peserta juga dapat mengirimkan lebih dari 1 (satu) tulisan.  Penulis juga dapat mengirimkan karya kolektif (misalnya satu cerpen ditulis oleh dua orang).

Syarat Cerpen
Cerita pendek ditulis dalam bahasa Indonesia minimal 1.000 kata dan maksimal 3.000 kata (ekuivalen 10 halaman A4), diketik rapi dalam file Microsoft Word dengan font ukuran 11pt.  Cerita pendek berupa karya fiksi yang belum pernah diterbitkan dalam media mana pun, dan merupakan karya asli penulis.  Dengan mengikuti lomba ini, berarti penulis menyatakan bahwa karya tersebut adalah murni karya aslinya dan jika ada tuntutan pelanggaran hak kekayaan intelektual maka akan menjadi tanggung jawab penulis.
Judul cerpen bebas, dengan tema seputar perempuan, tentang profesinya, kehidupannya, perjuangannya, ataupun pergolakan batinnya.

Periode Lomba
Lomba dibuka mulai hari ini, 10 April 2013 dan ditutup pada pukul 23.59tanggal 30 April 2013.  Karya dikirimkan melalui email kecerpenperempuan@gmail.com.  Harap mencantumkan nama lengkap, alamat lengkap, tanggal lahir, pekerjaan sekarang, dan No. KTP.

Pemilihan Pemenang
Pemenang terdiri dari 1 pemenang utama dan 14 finalis.  Seluruh tulisan yang masuk akan dinilai berdasarkan faktor-faktor sbb:
  • Kesesuaian isi tulisan dengan tema.
  • Originalitas.
  • Plot dan diksi.
  • Teknik penulisan yang menarik dibaca.
Pemenang akan dipilih oleh juri yaitu saya sendiri, Ika Natassa dan Aulia Halimatussadiah, penulis, tokoh perempuan, dan juga founder @nulisbuku.

Pengumuman Pemenang
Pemenang dan 14 finalis terpilih akan diumumkan melalui Twitter @ikanatassa paling lambat tanggal 31 Mei 2013.

Hadiah Pemenang
Pemenang pertama akan memperoleh hadiah berupa e-Money Bank Mandiri senilai Rp. 500 ribu beserta voucher senilai Rp. 50.000 dan t-shirt dari @nulisbuku.  Cerpen pemenang pertama beserta cerpen 14 finalis akan diterbitkan secara self-published oleh @nulisbuku dengan tajuk Perempuan Dalam Cerita.  Atas penerbitan ini, para penulis tidak menerima kompensasi dalam bentuk apa pun karena seluruh royalti hasil penjualan buku akan kita sumbangkan ke lembaga pemberdayaan/perlindungan perempuan korban kekerasan dan perkosaan.  Detail mengenai penyerahan sumbangan royalti ini akan dikelola oleh www.nulisbuku.com.

Lain-Lain
Lomba ini aku adakan sendiri, namun jika ada pihak yang berminat menjadi sponsor, dapat menghubungi aku di ika@ikanatassa.com.



No comments:

Post a Comment

Radio & tv online

SKIP 94.3 FM