Social Icons

Pages

Sunday, August 4, 2013

Lomba Menulis Cerpen Berhubungan dgn Dunia Medis dari Sisi Pekerjaannya

- Dibukukan (DL: 17 Agust 2013)

Aku mau ngajakin kalian ikut bersenang-senang bikin proyek nulis keroyokan lagi, nih. Aku dapat ide untuk bikin sebuah antologi cerpen yang ditulis oleh para pekerja medis, sebagai semacam pencerahan dan pembawa inspirasi dari tangan-tangan pertama tentang dunia kerja kita yang “misterius” buat orang awam.
Adapun aturan mainnya adalah sebagai berikut :
Peserta adalah pekerja medis atau sedang menempuh pendidikan untuk menjadi pekerja medis (dokter, perawat, bidan). Peserta diwajibkan mencantumkan hasil scan tanda pengenal (kartu pegawai, kartu mahasiswa, dll.) yang membuktikan bahwa ia sungguh-sungguh berprofesi/bersekolah di bidang medis.
Masing-masing peserta hanya boleh mengirimkan maksimal 2 (dua) buah cerpen.
Tema cerpen berhubungan dengan dunia medis dari sisi pekerjanya. Cerpen dibuat dengan tujuan salah satu atau beberapa aspek berikut (bisa pilih salah satu saja atau menggabungkan beberapa) :
  1. Menginspirasi generasi muda untuk menjadi pekerja medis
  2. Memberikan edukasi pada masyarakat mengenai dunia profesi medis yang sesungguhnya dari sisi pekerja medis, sekaligus meluruskan pandangan atau mitos yang keliru
  3. Menjaga dan mengangkat martabat profesi medis sesuai tempatnya dalam masyarakat
Genre dan gaya bahasa yang digunakan bebas, sesuai kenyamanan penulis. Pintar-pintarlah menyampaikan poin-poin tujuan di atas dengan cara yang tidak menggurui/mengkhotbahi pembaca kalian.
Cerpen dapat berupa kisah fiksi maupun nyata.
Cerpen tidak mengandung hal-hal yang dapat memicu perpecahan dalam masyarakat serta yang dapat memojokkan/mencela/memfitnah/menyinggung/mendiskreditkan pihak mana pun, serta tidak mengandung pornografi.
Cerpen ditulis dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar serta memperhatikan penggunaan kosa kata, tanda baca, spasi, dan aspek-aspek Ejaan yang Disempurnakan lainnya. Apabila menggunakan istilah dalam bahasa lain selain bahasa Inggris, mohon menyertakan terjemahan dalam bentuk catatan kaki.
Cerpen merupakan hasil karya sendiri dan belum pernah dipublikasikan dalam bentuk apa pun, baik media cetak maupun elektronik. Apabila di kemudian hari timbul masalah yang berkaitan dengan hak cipta, hal tersebut sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis cerpen terkait.
Di bagian akhir cerpen, mohon menyertakan biodata dalam bentuk narasi sepanjang maksimal 5 (lima) baris, yang mengandung profesi/pendidikan yang dijalani, alamat email, akun Twitter, dan blog (jika ada).
Cerpen ditulis menggunakan Ms. Word, panjang cerpen 4-6 halaman A4, spasi 1.5, margin standar, font Arial 11pt. File cerpen diberi judul “#MedisMenulis – judul cerpen – nama penulis”.
Cerpen dikirimkan via email dalam bentuk attachment (bukan ditulis pada body email. Mohon diperhatikan karena mempersulit pendataan.) ke putriwidisaraswati@gmail.comdengan subyek email : “#MedisMenulis – judul cerpen – nama penulis” selambat-lambatnya tanggal 17 Agustus 2013 pukul 24.00 WIB.
Setelah mengirimkan cerpen, mohon melakukan konfirmasi dengan me-mention akun Twitter @siputriwidi, sebutkan judul cerpen dan nama penulis. Hal ini diperlukan agar tidak ada karya yang terselip.
Akan dilakukan seleksi pada cerpen-cerpen yang masuk. Kriteria yang menjadi bahan pertimbangan adalah sbb. :
a) Keaslian dan keunikan ide
b) Diksi dan gaya bahasa
c) Alur penceritaan
d) Teknik penulisan
e) Kesesuaian dengan tema dan tujuan proyek ini
Seleksi akan dilakukan oleh saya dan beberapa rekan sejawat pekerja medis yang juga memiliki passion di dunia tulis-menulis. Hasil seleksi akan diumumkan selambat-lambatnya awal bulan September 2013.
Cerpen-cerpen yang lolos seleksi akan dibukukan. Apabila memungkinkan, akan diajukan ke penerbit konvensional agar dapat terbit secara nasional di toko-toko buku. Namun apabila tidak memungkinkan, tetap akan diterbitkan secara indie/self-published melalui Nulisbuku.com (tentang apa dan bagaimana sistem self-publishing itu, silakan mengunjungi www.nulisbuku.com). Mengenai royalti berkenaan dengan penjualan buku, seluruhnya akan disumbangkan kepada lembaga kesehatan nirlaba yang belum ditentukan (ada yang punya referensi? Silakan email/mention saya.)
Hadiah bagi 2 (dua) cerpen terbaik menurut para juri akan berupa buku antologi cerpen #MedisMenulis, dikirimkan segera setelah terbit.
Ditunggu karya-karya terbaikmu, agar semakin banyak orang yang terinspirasi oleh profesi yang kita jalani! Selamat menulis! :)
Jika ada pertanyaan silakan menghubungi: putriwidisaraswati@gmail.com

No comments:

Post a Comment

Radio & tv online

SKIP 94.3 FM