Social Icons

Pages

Tuesday, March 5, 2013

Lomba Menulis Cerpen Berhadiah Tur Singapura


28 Peb 2013 14:43:35| Budaya & Pariwisata | Penulis : Masuki M. Astro

Surabaya – Klub Pena Obor Indonesia menggelar lomba menulis cerita pendek bagi masyarakat umum berusia 16 hingga 40 tahun dengan hadiah utama tur dan mengikuti kegiatan “Singapore Writers Festival 2013?.
Penggagas dan pendiri Klub Pena Obor Indonesia Naning Pranoto dalam keterangannya di Surabaya, Kamis menjelaskan bahwa selain pemenang utama, pihaknya akan memilih pemenang dua dan tiga serta harapan pertama hingga tiga. Para pemenang akan mendapat “Obor Award” serta sejumlah uang.

“Lomba ini tidak semata-mata merangsang penulis untuk mengejar hadiah, tapi juga untuk membimbing serta menggalakan penulisan. Kami ingin mengajak semua orang suka menulis karena dengan menulis kita melakukan pencerahan jiwa, sekaligus menegakkan kejayaan sastra Indonesia agar mendunia,” katanya.

Karena itu, katanya, dalam lomba ini pihaknya juga memberikan layanan konsultasi menulis cerpen melalui FB Lomba Obor dan pelatihan menulis untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi bertempat di Griya Sastra dan Budaya Obor di Bogor.

Alumni S2 “University of Western” dan “Monash University” Australia yang juga pengajar penulisan kreatif di sejumlah perguruan tinggi di Jakarta ini mengemukakan lomba dibuka 28 Februari dan ditutup 17 Agustus 2013.

Sebelum menyerahkan naskah ke panitia, peserta harus mendaftar terlebih dahulu lewat email ke lombaoboraward@gmail.com paling lambat 15 Juli 2013. Sementara Pemenang akan dimumkan 29 September 2013.

“Tema cerita harus asli dan tidak sedang diikutkan dalam lomba yang lain. Tema cerita diharapkan mengangkat potensi kehidupan lokal di masyarakat kita dan berisi tentang pencerahan hidup.Panjang naskah 5-10 halaman kertas A4 dengan 1,5 spasi dan 12 font. Nskah dikirim rangkap dua dengan soft copy dalam bentuk CD/DVD yang dilengkapi kartu identitas diri,” tutur penulis novel Dzikir Jantung Fatimah dan sejumlah buku tentang penulisan kreatif ini.

Naning menjelaskan bahwa peserta dapat mengirimkan maksial dua judul cerpen dengan biaya pendaftaran Rp40 ribu. Naskah lomba dikirim ke sekretariat Lomba Menulis Cerpen Obor Award, Jalan Gunung Pancar No.25 Bukit Golf Hijau, Sentul City Bogor 16810. (*)

No comments:

Post a Comment

Radio & tv online

SKIP 94.3 FM