Social Icons

Pages

Friday, October 5, 2012

Lomba Cipta Cerpen Tema Aku, Cinta, dan Indonesia



“Tebar Inspirasi Indonesia!”
Lomba Cipta Cerpen 2012
Tema: “Aku, Cinta, dan Indonesia”
Dalam rangka untuk menumbuhkan kecintaan pada tanah air, memberi ruang untuk menuangkan pemaknaan cinta positif, menyelami ke-Indonesia-an, dan untuk menyemarakkan dunia kesusastraan di Nusantara, Nirtara Foundation menggelar Lomba Cipta Cerpen 2012 dengan tema “Aku, Cinta, dan Indonesia”.
Ketentuan & Prosedur:
  • Lomba terbuka untuk warga negara Indonesia, baik yang berdomisili di tanah air maupun di luar negeri, berusia antara 12 sampai 60 tahun yang terbagi dalam Kategori Pelajar/Mahasiswa (KPM) dan Kategori Umum (KUM).
  • Karya harus asli/original, ciptaan sendiri, bukan karya terjemahan/saduran, dan belum pernah dipublikasikan atau pernah diikutsertakan dan memenangi kompetisi yang sejenis.
  • Tema karya mengeksplorasi khazanah ke-Indonesia-an dengan segala dimensinya, dari  pendidikan, agama, politik, sejarah, diplomasi, pariwisata, nasionalisme, seni, kebudayaan, atau kehidupan sosial sehari-hari yang diharapkan menciptakan motivasi dan inspirasi bagi masyarakat Indonesia secara luas.
  • Peserta boleh mengirimkan karya lebih dari satu, dengan batasan maksimal 2 judul
  • Karya cerpen yang dikirim ditulis dalam format A4 (kwarto) dengan page-setup 3-3-3-3 cm, dengan pilihan font times new roman, ukuran font 12, jumlah halaman antara 4 sampai 10 halaman, dan spasi ganda.
  • Karya dikirimkan melalui e-mail dalam format ‘word/doc’ ke alamat: lomba_nirtara@yahoo.com, sebelum tanggal batas akhir penerimaan pada 31 Oktober 2012 (pukul 24.00 WIB). Format penulisan file karya ditulis dalam huruf besar (kapital) dengan pola: kategori, spasi, nama pengirim, spasi, judul cerpen. Contoh: KPM ANDI ARDIANSYAH NYANYIAN BUKIT CIBEO.
  • Di bagian akhir cerpen dituliskan riwayat hidup singkat dalam gaya naratif maksimal 200 kata serta alamat dan nomor kontak yang bisa dihubungi. (Lampirkan juga identitas diri seperti, kartu pelajar/mahasiswa/KTP/SIM/paspor yang masih berlaku dalam bentuk file JPEG/JPG, sebagai penunjang riwayat hidup singkat)
  • Peserta dikenakan biaya administrasi dan partisipasi sebesar Rp. 30.000,-, via metode transfer bank ke nomor rekening: 138-00-0762675-2 Bank Mandiri Slamet Riyadi, a.n. Dwi Wahyuni. Bukti hasil scan atau pindaian transfer dalam format JPEG/JPG dikirimkan menyertai naskah cerpen.
  • Keputusan komite juri adalah mutlak tidak dapat diganggu gugat, dan pihak komite juri berwenang membatalkan keikutsertaan peserta bila tidak memenuhi kriteria yang telah ditetapkan oleh penyelenggara.
  • Pemenang lomba akan dipublikasikan melalui media massa pada akhir bulan Desember 2012 dan pemenang akan dihubungi oleh pihak penyelenggara. Pajak pemenang ditanggung oleh panitia penyelenggara.
Hadiah:
(Untuk Kategori Umum)
Juara I            : Uang Rp. 8.000.000,- dan sertifikat
Juara II          : Uang Rp. 5.000.000,- dan sertifikat
Juara III         : Uang Rp. 4.000.000,- dan sertifikat

(Untuk Kategori Pelajar/Mahasiswa)
Juara I            : Uang Rp. 5.000.000,- dan sertifikat
Juara II          : Uang Rp. 3.000.000,- dan sertifikat
Juara III         : Uang Rp. 2.000.000,- dan sertifikat
* Akan dipilih satu pemenang Honorable Mentiondengan hadiah sebesar Rp. 3.000.000,- dan sertifikat dari semua peserta dari kedua kategori kepesertaan.
Kriteria:
Originalitas, kesesuaian tematik, unsur inspirasionalitas, daya pencerahan, kebaruan gaya, kekuatan kata (the power of words), dan inovasi litera.
Juri:
Praktisi dan akademisi sastra
Lomba Cipta Cerpen 2012 “Aku, Cinta, dan Indonesia” – Nirtara Foundation
“Tebar Inspirasi Indonesia!”

No comments:

Post a Comment

Radio & tv online

SKIP 94.3 FM